Rabu, 08 Januari 2014

Peternak Ikan Hias Mina Sampurna Kalideres Jakarta Barat


Kelompok Pemudidaya Ikan Hias Mina Sampurna  adalah nama Kelompok Usaha Pembudidaya yang bergerak dibidang Perikanan. Terbentuknya Kelompok Pemudidaya Ikan Hias Mina Sampurna tidak terlepas dari peran besar bapak Alm. Imin yang mengawali membudidaya ikan hias di wilayah Kampung Belakang Kamal Kalideres Jakarta Barat. Keadaan air yang baik sesuai dengan ikan yang dibudidayakan dan ketekutan menimbulkan keberhasilan, karena keberhasilannya banyak warga sekitar yang mengikuti untuk membudidaya ikan hias lambat laun makin banyak warga yang membudidaya menjadikan usaha budidaya ikan hias ini sebagai mata pencaharian. Namun karena kegiatan ini masih dilakukan secara individual dan teknologinya masih tradisional maka keberadaan pembudidaya ikan bergerak tidak menentu dan mengalami pasang surut.
Dari permasalahan keindividuan tersebut maka para tokoh masyarkat di bidang perikanan mengumpulkan para petani untuk membicarakan permasalahan dibidang usaha perikanan. Hasil dari musyawarah tersebut terbentuklah kesepakatan untuk membentuk suatu kelompok yang memiliki visi, misi dan tujuan untuk memajukan perikanan, Maka dari itu berdirilah satu Kelompok Pembudidaya Ikan yang di berinama “Mina Sampurna” tepatnya tanggal 4 April 1995 kelompok ini resmi di kukuhkan dengan jumlah anggota 13 orang dalam kelas kelompok pemula.
Keberadaan kelompok ini dijadikan sebagai wahana bertukar fikiran bagi para pembudidaya ikan dalam menghadapi permasalahan dibidang usaha perikanan dan mencari cara pemecahannya.
Seiring berjalannya waktu maka Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Sampurna terus berusaha bekerja sama dalam meningkatkan kegiatan usaha di bidang perikanan.
Walaupun dengan keterbatasan permodalan yang di usahakan secara swadaya namun tekad para pengurus dan anggota kelompok tetap teguh untuk memajukan kesejahteraan masyarakat melalui budidaya ikan hias.
Sampai saat ini Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Jaya terus berjalan dan mempunyai andil besar dalam perbaikan ekonomi masyarakat melalui usaha budidaya ikan hias.

1 komentar: